Strategi Pengembangan Industri Kreatif Pada Subsektor Fesyen Berbasis Kearifan Lokal Di Kota Yogyakarta

Siti Mariah, Sri Wahyu Andayani, Endang Wani Karyangsih

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada keberadaan industri kreatif di Kota Yogyakarta yang sangat potensial untuk dikembangkan, yang diperkirakan mampu menyumbang pendapatan daerah, namun masih membutuhkan kerjasama yang baik antara para stakeholders yang berperan didalamnya. Metode Penelitian yang digunakan adalah survei, observasi dan wawancara terstruktur pada industri fesyen non mas production. Teknik analisis data menggunakan Analisis SWOT Model EXCEL. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Industri kreatif sub sektor Fesyen di Kota Yogyakarta memiliki kualitas produk yang baik, unik dan variatif diantaranya yang menonjol; 2) Berdasarkan hasil analisis SWOT, strategi yang dapat dilakukan untuk mengembangkan industry kreatif sub sector festen di Kota Yogyakarta adalah: Strategi Comparative Advantages, Strategi Mobilization, Strategi Divestment/Investment, dan Strategi mengendalikan kerugian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Jarlit (Jurnal Jaringan Kerjasama Penelitian) | ISSN 1978-0052
Jurnal Penelitian BAPPEDA Kota Yogyakarta
Jl. Kenari No. 56 Yogyakarta
Email: bappeda@jogjakota.go.id
Telp: (0274) 515865
www.bappeda.jogjakota.go.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.5 Generic License.