Analisis Strategi Pengembangan Industri Kreatif (Custom Distro Clothing) Untuk Meningkatkan Daya Saing Pelaku Ekonomi Lokal Di Kota Yogyakarta

Sri Hermuningsih, Siti Sumartiah, Dewi Kusuma Wardani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kebijakan (policy research) yang dilakukan di Kota Yogyakarta, khususnya pada daerah-daerah sentra industri kreatif, yang bertujuan untuk menggali berbagai informasi berkaitan dengan dinamika Industri kreatif dalam rangka memberikan rekomendasi kebijakan pengembangannya. Data primer dikumpulkan melalui wawancara dengan pengusaha industri kreatif dan berbagai pihak yang telah dipilih menjadi sampel sebagai responden. Pengambilan sampel dengan metode Proportionate Stratified Random Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif, proses penelitian yang dilakukan melalui pengukuran dengan matriks SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) perlu adanya media promosi seperti website untuk memperluas informasi dan promosi melalui media elektronik serta mengikuti event/pameran; 2) perlunya pengembangan potensi karyawan, dengan memberikan pelatihan sesuai dengan bidangnya masing-masing; 3) perlunya pelatihan tentang pengembangan usaha; 4) perlunya pelatihan pencatatan keuangan sederhana dengan pendampingan dari Perguruan Tinggi; 5) perlunya peningkatan kualitas produk; 6) pemilik usaha harus aktif mencari dan mencoba membuat produk baru yang disukai oleh konsumen, serta media promosi dari mulut ke mulut dikembangkan ke media elektronik, bisa melalui radio, TV lokal dan internet serta mengikuti event atau pameran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Jarlit (Jurnal Jaringan Kerjasama Penelitian) | ISSN 1978-0052
Jurnal Penelitian BAPPEDA Kota Yogyakarta
Jl. Kenari No. 56 Yogyakarta
Email: bappeda@jogjakota.go.id
Telp: (0274) 515865
www.bappeda.jogjakota.go.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.5 Generic License.