Gandeng Gandong Diapresiasi Pemerintah Pusat: Kota Yogyakarta Dapat Penghargaan Kota Terbaik

Gandeng Gendong sebagai penguatan modal sosial, pemberdayaan masyarakat serta pengentasan kemiskinan khususnya di tepi sungai Code, Winongo, dan Gajahwong yang dimanfaatkan sebagai potensi wisata, berhasil mengantarkan Kota Yogyakarta sebagai Kota Terbaik 2 Tingkat Nasional dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2020. Hal ini diumumkan pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Nasional yang diselenggarakan oleh Bappenas melalui video conference pada 30 April 2020. 

Dalam proses penilaian, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas membentuk tim penilai  independen dari akademisi, profesional, jurnalis dan para ahli dari berbagai disiplin ilmu. Penilaian dilakukan terhadap Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020 dan Dokumen Inovasi, Presentasi dan Wawancara, dan Verifikasi Kunjungan Lapangan. Namun seiring merebaknya Pandemi Covid-19, Presentasi dan Wawancara dimodifikasi dalam bentuk video conference yang telah dilakukan pada tanggal 3 April 2020. Aspek penilaian meliputi proses penyusunan dokumen perencanaan, kualitas dokumen perencanaan, inovasi pembangunan, dan pencapaian pembangunan. Daerah yang mendapatkan penghargaan selain memperoleh insentif, diharapkan juga untuk dapat membagikan motivasi dan inspirasi kepada daerah lain untuk pemerataan pembangunan Indonesia yang lebih baik.

Penghargaan tahunan ini merupakan bentuk apresiasi yang diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di daerah. Penerima penghargaan dinilai mampu menunjukkan sinergi dan integrasi perencanaan, pencapaian, dan inovasi pembangunan bahu membahu antara pusat dan daerah, profesional dan masyarakat, untuk kehidupan yang adil dan sejahtera. 

Penghargaan ini diberikan pada 3 kategori yaitu Kota Terbaik, Kabupaten Terbaik, dan Provinsi Terbaik, dengan masing-masing 3 pemenang. Selengkapnya adalah sebagai berikut:

Kota Terbaik
1.    Semarang
2.    Yogyakarta
3.    Padang

Kabupaten Terbaik
1.    Temanggung
2.    Poso
3.    Bangka

Provinsi Terbaik 
1.    Jawa Tengah
2.    Bengkulu
3.    Jawa Timur