Di Tengah Pandemi, Sosialisasi Penelitian Tematis untuk Tahun 2022 Tetap Dilaksanakan

Sosialisasi Penelitian Tematis untuk pendanaan tahun 2022 kembali dilaksanakan pada Selasa (16/02/2021) dengan menggunakan metode daring dan luring secara bersamaan. Meskipun dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, animo para peneliti masih sangat besar. Tema Penelitian Tematis 2022 mengambil Tema Pembangunan 2022 yaitu “Peningkatan Infrastruktur dan Perekonomian Berbasis Pariwisata untuk Kesejahteraan Masyarakat” dengan menekankan pada 4 Prioritas Pembangunan Kota Yogyakarta yaitu peningkatan kualitas SDM, peningkatan infrastruktur dan pembangunan wilayah, peningkatan perekonomian, dan pemantapan kinerja aparatur dan birokrasi.

Kepala Bappeda Kota Yogyakarta menjelaskan masih banyak tantangan yang dihadapi dalam pembangunan Kota Yogyakarta, antara lain tingginya angka kemiskinan, tingginya ketimpangan pendapatan antar individu, tingginya angka kematian bayi dan tingginya angka kematian ibu melahirkan. Terkait infrastruktur, tantangan yang dihadapi antara lain persediaan air bersih, fasilitas pelayanan sanitasi, persampahan, limbah, dan konservasi air tanah.

Lebih jauh, Ketua DPRD Kota Yogyakarta menyampaikan pokok permasalahan perkotaan meliputi masalah sosial, kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, pertumbuhan ekonomi, tata ruang wilayah, jaringan TIK, dan pelayanan publik dan perijinan.

Untuk itu, Wakil Walikota Yogyakarta menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta mengundang segenap peneliti/dosen perguruan tinggi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta untuk dapat berkontribusi dalam mengatasi permasalahan perkotaan sekaligus meningkatkan kualitas kehidupan Kota Yogyakarta.