Launching Buku Knowledge Sharing dan Penyerahan Piala Penghargaan Pembangunan Daerah 2020-2021

Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah atas prestasi dalam menghasilkan perencanaan yang berkualitas dan mencapai target-target pembangunan daerah. Dengan adanya PPD yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) setiap tahunnya ini diharapkan dapat memotivasi pemerintah daerah untuk senantiasa menyiapkan dokumen RKPD dengan lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, serta dapat dilaksanakan. Penilaian PPD merupakan penilaian yang komprehensif, mulai dari kualitas dokumen RKPD serta proses penyusunannya, capaian pembangunan, dan inovasi pembangunan yang dilaksanakan secara berjenjang pada tingkat provinsi dan nasional melalui tahapan administrasi, wawancara, dan kunjungan virtual.

Untuk menyatukan semua pengalaman dari daerah-daerah yang berhasil menerima penghargaan PPD, Kementerian PPN/Bappenas meluncurkan buku Knowledge Sharing Pembangunan Daerah, Praktik-Praktik Cerdas Tahun 2019-2020. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 25 November 2021 di Ruang DH 1-5 Bappenas, Jalan Taman Suropati Nomor 2, Menteng, Jakarta Pusat. Dalam acara ini sekaligus diberikan piala penghargaan bagi daerah yang berhasil mendapatkan predikat terbaik 1 sampai 3 di tingkat Propinsi dan Kabupaten/Kota pada Penghargaan Pembangunan Daerah 2020 dan 2021. Kota Yogyakarta sebagai salah satu daerah yang berhasil mendapatkan peringkat kedua pada kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik di Tingkat Kota tahun 2020. 

Perolehan apresiasi ini membuktikan bahwa perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di Kota Yogyakarta telah berada di jalur yang benar, dimulai dari proses perencanaan dan pelaksanaan dengan berbagai inovasi, sehingga dapat bermanfaat langsung untuk masyarakat. Gandeng Gendong sebagai inovasi Pemerintah Kota Yogyakarta merupakan bentuk kolaborasi antara 5K, yaitu Pemerintah Kota, Kampung, Kampus, Komunitas, dan Korporat dapat menurunkan angka kemiskinan dan ketimpangan pendapatan di Kota Yogyakarta. Namun demikian, perolehan penghargaan ini bukanlah tujuan akhir dari pembangunan. Kota Yogyakarta berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pembangunan dengan terus berinovasi dan bersinergi sehingga semangat Gandeng Gendong tidak sekedar menjadi slogan, namun terus membudaya di antara semua unsur 5K untuk mendorong percepatan pembangunan.