Perwujudan Gandeng Gendong, Hasil Penelitian Kerjasama Pemkot Jogja dengan Perguruan Tinggi Swasta Diserahkan Kepada Masyarakat

Hasil-hasil penelitian yang merupakan kerjasama Pemerintah Kota Yogyakarta dengan beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Yogyakarta diserahkan kepada masyarakat penerima manfaat sebagai wujud nyata program Gandeng Gendong untuk kesejahteraan masyarakat di Pendopo Budaya Plumpung Sorosutan pada Selasa (14/12/2021).

 

Pada tahun 2021, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Bappeda membiayai sepuluh proposal penelitian. Dari sepuluh penelitian tersebut terdapat tiga tim peneliti yang outputnya menghasilkan alat purwarupa, yaitu:

  1. Tim Peneliti Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta berupa alat pencacah dan pemusnah sampah dengan judul penelitian Mekanisme Pemusnahan Sampah Kota Tanpa Pilah Pilih. Hasil Penelitian diserahkan kepada Ketua LPMK Kelurahan Sorosutan.
  2. Tim Peneliti Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta berupa alat pengolah limbah dengan judul penelitian Pengolahan Limbah Detergen dengan Metode Constructed Wetland Menggunakan Tanaman Echinodorus Radicans di Kota Yogyakarta. Hasil penelitiannya diserahkan kepada Kelompok Pengrajin Jumputan Ibu Sejahtera di Kelurahan Tahunan.
  3. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta berupa alat pengukur lubang jalan dengan judul penelitian Amarto (Damaged Road Detector) : Purwarupa Sistem Deteksi dan Analisator Kerusakan Jalan Raya Kota Yogyakarta Menggunakan Kamera Kinect dan GPS. Hasil penelitiannya diserahkan kepada Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta.

 

Terdapat satu tim peneliti dari Universitas Janabadra berupa alat pembuatan pelet pakan ikan hias yang dibiayai oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi  dengan judul penelitian Penerapan Teknologi Untuk Pemberdayaan Kelompok Peternak Ikan Hias di Kota Yogyakarta yang hasil penelitiannya turut juga diserahkan pada kesempatan ini kepada penerima manfaat Kelompok Budidaya Peternak Ikan Hias Maju Mapan Sorosutan.

 

Wakil Walikota Yogyakarta, Heru Purwadi, menyerahkan secara simbolis hasil-hasil penelitian tersebut kepada penerima manfaat. Beliau sangat mengapresiasi bahwa hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh PTS di Kota Yogyakarta ini dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat sehingga apa yang dilakukan betul-betul dapat mengatasi permasalahan pembangunan di Kota Yogyakarta.