Launching Perdana Bappeda Corporate University (CORPU) bertemakan

Jumat, 11 Februari 2022 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta menggelar acara Bappeda Corporate University (CORPU) yang mengangkat tema “Eksistensi Bappeda Dalam Lingkungan Kebijakan yang Dinamis”. Acara ini sekaligus Launching Corpu perdana di Bappeda Kota Yogyakarta yang dibuka langsung oleh Kepala Bappeda Kota Yogyakarta, Bapak Agus Tri Haryono, S.T.,M.T.

Dalam Acara ini, Kepala Bappeda Agus Tri Haryono, S.T.,M.T selaku narasumber menjelaskan bahwa corpu merupakan salah satu strategi link and match antara pembelajaran dan pencapaian target organisasi. Tujuannya tidak hanya memberikan informasi perencanaan pembangunan, melainkan salah satu bentuk komitmen terhadap penyiapan SDM khususnya Aparatur Sipil Negara dalam menghadapi dinamika yang semakin kompleks.

Corpu merupakan sebuah pendekatan baru untuk peningkatan kompetensi ASN, dengan mengedepankan pembelajaran mandiri yang didukung teknologi informasi serta adanya upaya berkolaborasi antar perangkat daerah. Sehingga, semangat Corpu ini juga sejalan dengan RPJPD Kota Yogyakarta 2005-2025 dalam hal menyediakan SDM yang berkualitas, mempunyai kompetensi yang tinggi sehingga dapat mendorong efektivitas dan efisiensi pelayanan publik.

Pada tingkat Pemerintah Kota Yogyakarta, Corporate University atau Corpu ini diatur dalam Peraturan Walikota Nomor 48 Tahun 2021 yang didefinisikan sebagai entitas kegiatan pengembangan kompetensi sebagai sarana pendukung tujuan pembangunan melalui proses pembelajaran tematik dan terintegrasi. Perwal tersebut mengamanatkan beberapa OPD untuk terlibat dalam berbagai aspek Corpu di tingkat Kota, salah satunya Bappeda sebagai bagian dari Community of Practice atau komunitas praktisi sesuai tugas dan fungsinya sebagai penunjang perencanaan pembangunan.

Dalam pemaparannya, Kepala Bappeda Kota Yogyakarta menjelaskan bahwa Bappeda memiliki tugas utama yaitu membantu Walikota melaksanakan fungsi penunjang penyelenggaraan urusan pemerintahan dibidang perencanaan pembangunan daerah, penelitian dan pengembangan. Dalam melaksanakan tugasnya, Bappeda memiliki sasaran kinerja yaitu perencanaan pembangunan daerah meningkat.

Kepala Bappeda berharap bahwa Corpu Bappeda ini nantinya tidak hanya sekedar untuk meningkatkan kompetensi pegawai, melainkan untuk mencapai target kinerja organisasi, sehingga mampu menciptakan Bappeda yang unggul, adaptif, serta mampu menghasilkan kebijakan yang solutif.

“Melalui Corpu Bappeda nanti harapannya dapat tercipta pola pengembangan ASN yang terintegrasi, berkolaborasi tidak hanya dari unsur pemerintah tetapi dengan stakeholder-stakeholder Swasta dan Perguruan Tinggi sehingga penguatan Smart Government dapat diwujudkan.” Jelas Kepala Bappeda Kota Yogyakarta.

Bappeda Kota Yogyakarta selanjutnya secara rutin akan mengimplementasikan Corpu dengan diskusi lintas bidang untuk mendukung proses berjalannya Corpu di tingkat Kota Yogyakarta. Bappeda Corpu ini akan diadakan setiap dua minggu sekali dengan menghadirkan narasumber dari masing-masing bidang dan mengangkat tema terkait isu pembangunan, ataupun substansi perencanaan.

Sebagai penutup, Kepala Bappeda mengajak seluruh pegawai Bappeda Kota Yogyakarta dengan menyerukan yel-yel bersama-sama untuk membangkitkan semangat dalam pelaksanaan Corpu kedepannya.

Bappeda Yogyakarta Corpu : Belajar Tanpa Batas, Kinerja Berkualitas.