Sosialisasi Penelitian Tematis Untuk Tahun 2023

Penelitian Tematis untuk pendanaan tahun 2023 akhirnya disosialisasikan oleh Pemkot Yogyakarta pada Senin (14/02/2022) dari Ruang Yudistira Komplek Balaikota Yogyakarta. Penelitian yang diperuntukkan bagi Dosen/Peneliti Perguruan Tinggi se DIY ini mengacu pada Tema Pembangunan 2023 yaitu “Peningkatan Ekonomi Kreatif Berbasis Pariwisata Budaya untuk Keberdayaan Masyarakat” dengan menitikberatkan pada 4 Prioritas Pembangunan Kota Yogyakarta tahun 2023 yaitu:

  1. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia
  2. Peningkatan Infrastruktur, Tata ruang dan Lingkungan
  3. Peningkatan Perekonomian
  4. Pemantapan Aparatur dan Birokrasi

 

Wakil Walikota Yogyakarta, Heru Purwadi, pada kesempatan tersebut juga menambahkan beberapa topik yang dapat digunakan dalam penelitian, yaitu:

  1. Sumberdaya berkualitas untuk mengolah lingkungan alam menjadi lebih manfaat untuk kesejahteraan.
  2. Akses kesempatan dibuka untuk meningkatkan SDM meraih prestasi dan dikembangkan.
  3. Pariwisata dan pendidikan sebagai basis sektor untuk pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 

Pemasukan proposal penelitian dilakukan secara online melalui aplikasi riset.jogjakota.go.id. Dibuka mulai tanggal 14 Februari 2022 hingga 28 April 2022. Proposal yang masuk akan diseleksi oleh Tim Jaringan Penelitian dan jika lolos seleksi akan dilakukan negosiasi teknis dan harga yang kemudian dilakukan penandatanganan Kontrak Swakelola dengan Lembaga yang menaungi Dosen/Peneliti.

 

Penelitian Tematis merupakan kerjasama Pemerintah Kota Yogyakarta dengan Perguruan Tinggi di DIY yang merupakan perwujudan nyata Konsep 5K Program Gandeng Gendong. Dengan adanya implementasi kebijakan program ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di Kota Yogyakarta sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Yogyakarta lebih baik lagi.