Sosialisasi Penyusunan Renja Perangkat Daerah 2023 dan Teknis Penggunaan Sistem Informasi Pemerintah Daerah

Proses perencanaan Kota Yogyakarta saat ini yang sedang berlangsung (Penyusunan Rencana Pembangunan Daerah dan Rencana Strategis Perangkat Daerah tahun 2023-2026 yang harus selesai pada bulan Maret 2022, serta Rencana Kerja Pemerintah Daerah dan Rencana Kerja Perangkat Daerah 2023 yang memasuki tahap penyusunan rancangan). Untuk itu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta menggelar Sosialisasi mengenai Surat Edaran Penyusunan Renja Perangkat Daerah 2023 sekaligus Bimbingan Teknis cara penggunaan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) untuk Renstra, Renja, Verifikasi Usulan Musrenbang, dan Verifikasi Usulan Pokok-pokok Pikiran DPRD, kepada Perangkat Daerah  di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta pada tanggal (17/02/2022). Sosialisasi tersebut dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi pertama pukul 09.00 WIB bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sesi kedua pukul 13.00 WIB bersama Kemantren se-Kota Yogyakarta melalui Zoom Meetings.

Secara garis besar, sosialisasi dimulai dengan penjelasan tentang Surat Edaran (SE) Penyusunan Rancangan Renja Perangkat Daerah. Dalam penyusunan  Rencana Kerja, OPD dan Kemantren harus menginputkan subkegiatan, target, dan nominal anggaran tanpa rincian yang disesuaikan dengan Renstra dan mengacu pada Kemendagri No 050-5889 Tahun 2021. Penginputan Renja dilakukan pada tanggal 17 Februari hingga 23 Februari 2022 tanpa rincian belanja karena dalam Verifikasi Pokir dan Musrenbang harus menginputkan Renja terlebih dahulu sehingga proses penginputan Renja ini harus dipercepat.

Tahapan yang selanjutnya adalah Verifikasi Perangkat Daerah terhadap usulan Pokir di SIPD pada tanggal 23 Februari – 4 Maret 2022. Setelah Pokir selesai, dilanjutkan dengan Verifikasi Perangkat Daerah terhadap usulan Musrenbang di SIPD pada tanggal 4 – 22 Maret 2022. Dikarenakan kemantren menerima usulan dari tiap kelurahan, maka hasil usulan Musrenbang harus di verifikasi oleh masing-masing kemantren.

Tahapan selanjutnya, penginputan Rancangan Renja Perangkat Daerah yang disertai dengan rincian di SIPD pada tanggal 24 Feb – 22 Maret 2022. Selanjutnya di akhir bulan Maret akan dilaksanakan Musrenbang tingkat kota dan Desk Perangkat Daerah bersama mitra Bappeda.

Kegiatan sosialisasi ini dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) cara penginputan Renja dan Renstra melalui SIPD. Selain itu, Bimtek juga berisi tatacara Verifikasi Pokir dan Musrenbang yang dilakukan oleh tiap-tiap OPD dan Kemantren. Acara yang terakhir ditutup dengan sesi tanya jawab antar OPD dan Kemantren kepada Bappeda Kota Yogyakarta.