PT. Sarihusada Generasi Mahardika Dukung Pengentasan Stunting di Kota Yogyakarta

Pemerintah Kota Yogyakarta diwaliki Sekretaris Daerah, Ir. Aman Yuriadijaya, M.M menerima 500 (lima ratus) paket sembako senilai 50 (lima puluh) juta dari PT. Sarihusada Generasi Mahardika pada Rabu (2/03/2022). Bantuan paket sembako yang diserahkan langsung oleh Manager PT. Sarihusada Generasi Mahardika, Edy Santoso, di Balaikota Yogyakarta ini merupakan bentuk dukungan yang dilakukan Korporasi (CSR/ Corporate Social Responsibility) dalam pengentasan anak stunting di Kota Yogyakarta.  Paket sembako akan dibagikan pada Kegiatan Bakti Sosial Peningkatan dukungan bagi keluarga dengan anak stunting, yang diadakan Pemerintah Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Kejaksanaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Prevalensi balita stunting masih menjadi permasaIahan yang dihadapi Kota Yogyakarta. Prevalensi balita stunting yang menggambarkan permasalahan pemenuhan gizi pada balita pada periode 2017-2020 menunjukan perkembangan yang fluktuatif. Keberhasilan tertinggi dalam penurunan prevalensi balita stunting terjadi pada tahun 2019 di angka 11,3 % dan kembali mengalami peningkatan pada tahun 2020 di angka 14,3%. Perbaikan status pemenuhan gizi baIita kembali mengalami peningkatan di tahun 2021 sehingga prevalensi baIita stunting turun pada angka 12,88%. Data menunjukan masih diperlukannya peningkatan program terutama bentuk dukungan berupa edukasi dan bantuan bagi keluarga dengan anak stunting.

Fasilitasi dan edukasi telah dilakukan Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Perangkat Daerah terkait sebagai salah satu bentuk komitmen dalam pengentasan stunting. Namun demikian, edukasi dan bantuan bagi keluarga dengan anak stunting masih membutuhkan dukungan dari seluruh stakeholder 5K Gandeng Gendong.