Bappeda Corporate University: “Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah dalam Konteks Perencanaan Pembangunan”

Bappeda Corporate University: “Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah dalam Konteks Perencanaan Pembangunan”, merupakan agenda Corpu Bappeda yang pertama setelah di launching pada bulan lalu (11/02).

Materi pertama dari rangkaian kegiatan Corpu Bappeda ini akan membahas salah satu materi mendasar dalam dunia organisasi pemerintahan yaitu, “Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja Perangkat Daerah dalam Konteks Perencanaan Pembangunan.” Reformasi Birokrasi dapat diartikan sebagai upaya dalam menata ulang proses birokrasi dari tingkat tertinggi hingga terendah dan melakukan terobosan baru dengan langkah-langkah bertahap, konkret, realistis, sungguh-sungguh, berpikir di luar kebiasan yang ada, perubahan paradigma dan dengan upaya yang luar biasa. Sedangkan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah atau erat kaitannya dengan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instasnsi Pemerintah (SAKIP) adalah rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat, dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi (Pasal 1 Perpres No. 29 Tahun 2014). Pengetahuan akan dua hal ini dirasa penting bagi pegawai Bappeda, sebagai instansi yang memiliki ketugasan terkait proses perencanaan pembangunan di Kota Yogyakarta.

Agenda ini akan dilaksanakan pada Kamis, 17 Maret 2022 pukul 08.00-11.30 secara Luring (Ruang Rapat Winongo) dan Daring (http://bit.ly/CorpuBappedaZoom), untuk ID dan passcode zoom dapat diakses satu jam sebelum acara. Materi akan disampaikan oleh beliau Ibu Dra. Suprantini (Sekretaris Bappeda Kota Yogyakarta) dan Ibu Zusri Kusuma Wardani, S.E. (Perencana Ahli Muda Kelompok Substansi Pengendalian Pembangunan Daerah Bappeda Kota Yogyakarta). Acara akan dipandu oleh Ibu Nita Dewi S.T. (Ahli Pertama Perencana Bappeda Kota Yogyakarta) sebagai MC dan moderator.