Bappeda Corporate University : “Pengelolaan Sampah Kota Yogyakarta”

Beberapa waktu yang lalu Jogja mengalami darurat sampah. Kejadian ini diawali dengan pemblokiran akses masuk truk sampah menuju TPST Piyungan oleh warga sekitar TPST Piyungan pada Sabtu, 7 Mei 2022. Warga juga meminta agar TPST Piyungan ditutup permanen. Alasan warga melakukan aksi ini adalah karena masalah sampah di TPST Piyungan yang belum terselesaikan, serta adanya kenaikan  volume sampah sekitar 15% usai libur lebaran 2022. 

Pemblokiran akses masuk truk sampah menuju TPST Piyungan oleh warga sekitar berdampak pada pembuangan sampah di DIY, terutama bagi Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Bantul yang membuang sampahnya ke TPST Piyungan. Mereka tidak dapat membuang sampahnya.  

Menindaklanjuti hal tersebut, Pemkot Yogyakarta bersama dengan Pemda DIY serta instansi yang terkait segera melakukan penyelesaian masalah di TPST Piyungan. Salah satu hal yang bisa menjadi solusi Jogja Darurat Sampah adalah memilah sampah organik dan anorganik. Sampah organik bisa diolah menjadi pupuk, sedangkan sampah anorganik/ dapat didaur ulang dapat ditabung/ dijual ke bank sampah maupun pengepul. 

Pemerintah Kota Yogyakarta juga sudah memulai melakukan pengelolaan sampah mandiri untuk lingkungan Balaikota. Pengelolaan sampah dengan nama Sampah Balaikota Pengelolaan dari Sumbernya Teratasi (Sambal Pedas Terasi) baru saja diresmikan oleh Wakil Walikota Drs. Heroe Poerwadi, M.A. pada Jumat, 13 Mei 2022 lalu. Harapannya, Sambal Pedas Terasi ini kedepannya bisa menjadi panutan dalam pengelolaan sampah di luar lingkungan Balaikota Yogyakarta sehingga tercipta lingkungan yang bebas sampah (zero waste).

Kaitannya dengan isu persampahan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta akan mengadakan acara Corpu Bappeda ke-5 dengan materi "Pengelolaaan Sampah Kota Yogyakarta”. Acara akan diadakan pada hari Selasa, 24 Mei 2022 pukul 09.00 - selesai secara daring (zoom meeting), dengan meeting ID: 991 502 4170 dan passcode: CORPU20 . Materi akan disampaikan oleh narasumber yaitu Ibu Maria Herdwi Widyaningsih, S.T. (Perencana Ahli Muda Bappeda Kota Yogyakarta) serta special sharing Pengelolaan Sampah Mandiri Kompleks Balaikota Yogyakarta ‘Sambal Pedas Terasi’ oleh Bapak Karjono, S.T. (Kepala Sub Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan Bagian Umum dan Protokol Setda Kota Yogyakarta). Acara ini akan dipandu oleh Bapak Guruh Adhi Kurniawan, S.T. (Perencana Ahli Pertama Bappeda Kota Yogyakarta) sebagai MC dan moderator.