Kunjungan Kerja Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat terkait Pengembangan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)

Pada tahun 2021 Bappeda Kota Yogyakarta berada diperingkat pertama penilaian SAKIP se Kota Yogyakarta, sehingga banyak Perangkat Daerah di Kabupaten atau Kota lain bahkan Perangkat Daerah di tingkat Provinsi berkunjung Ke Bappeda untuk sharing. Salah satu Perangkat Daerah yg berkunjung di Bappeda pada hari Rabu, 13 Juli 2022  adalah Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat.

Rombongan dari Dinas Perkebunan  dipimpin oleh Rika Jatmika, S.Pt.,M.M., selaku Sekretaris Dinas Perkebunan Provinsi Jawa bersama 16 orang. Rombongan diterima Dra. Suprantini Sekretaris Bappeda,  didampingi Riyantini, S.E., Perencana Ahli Muda Kelompok Substansi Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan, Zusri Kusuma Wardani, S.E., Perencana Ahli Muda Kelompok Substansi Pengendalian Pembangunan Daerah, danGaluh Sri Untari, S.T., Perencana Pertama.

 

Pada kesempatan itu Sekretaris Bappeda menyampaikan secara makro terkait capaian target dan kinerja di Pemerintah Kota Yogyakarta serta berbagai hal yang menjadi perhatian utama sebagai upaya peningkatan SAKIP Bappeda Kota Yogyakarta. Sementara Sekretaris dinas Perkebunan Provinsi Jabar ingin belajar dari   Yogyakarta diantaranya terkait budaya kerja yang dikembangkan Bappeda sehingga seluruh pegawai mampu mendukung ketercapaian indikator sasaran perangkat daerah, struktur organisasi setelah adanya kebijakan Penyedehanaan Birokrasi serta inovasi maupun sistem dalam mendukung penilaian SAKIP Bappeda Kota Yogyakarta.
  

Pada  sesi diskusi, Zusri Kusuma Wardani, S.E. dan Riyanti, S.E. menjelaskan bahwa nyawa utama dalam peningkatan SAKIP utamanya pada penyusunan proses bisnis baik di lingkup Pemerintah Kota Yogyakarta (RPJMD) maupun pada lingkup perangkat daerah. Peningkatan nilai SAKIP juga diperkuat dengan danya proses pengukuran kinerja yang terintegrasi dari tingkat individu hingga pimpinan. Proses pengukuran kinerja ini juga sudah didukung dengan keberadaan sistem SIMONEVA, yaitu sistem pengukuran tetpadu terkait capaian fisik maupun keuangan.

Mencermati apa yang disampaikan dari perwakilan Bappeda Kota Yogyakarta, pihak Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat menyatakan terimakasih dan antusiannya untuk berusaha  menerapkan kiat-kiat peningkatan implementasi SAKIP yang telah didiskusikan pada agenda kunjungan tersebut di lingkup Dinas Perkebunan Jawa Barat.