Grand Final Anugerah Inovasi dan Penelitian 2022

Pelaksanaan Grand Final Anugerah Inovasi dan Penelitian (AIP) tahun 2022 di Bappeda Kota Yogyakarta pada Senin (7/11/2022)  hingga Selasa (8/11/2022) berlangsung sangat menarik. Baik dari kategori masyarakat maupun kategori mahasiswa menyajikan hasil penelitian dan inovasi yang sangat beragam. Beberapa karya yang dipaparkan antara lain Robot Edukasi untuk pembelajaran matematika, alat untuk monitoring cairan infus, alat pendeteksi banjir, smart loker, seni budaya srandul, penanganan balita gizi buruk, dan alternatif penanganan sampah organik.

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti Grand Final AIP ini. Persiapan dilakukan dengan pembuatan poster, flyer, bahkan prototype turut dibawa ke lokasi presentasi. Seperti Tim Disvin yang membawa Smart Locker dengan ukuran 180 cm x 140 cm untuk ditampilkan di hadapan Dewan Juri. Tim Transaver juga tampil totalitas dengan menggunakan busana kebaya dan lurik lengkap dengan jarik dan blangkon.

Grand Final merupakan rangkaian terakhir dari kegiatan Anugerah Inovasi dan Penelitian 2022. Kegiatan AIP sendiri untuk tahun 2022 ini hanya membuka 4 kategori yaitu kategori Inovasi Mahasiswa, Inovasi Masyarakat, Penelitian Mahasiswa, dan Penelitian Masyarakat.

Kegiatan AIP ini bersifat apresiatif bukan kompetitif. Pemerintah Kota Yogyakarta mengapresiasi inovasi dan penelitian yang telah dilakukan dari kalangan masyarakat luas melalui AIP. AIP juga bertujuan untuk menjaring inovasi yang berasal dari masyarakat, yang bisa dterapkan sebagai inovasi daerah.  Harapannya dengan adanya kegiatan AIP ini dapat mendorong kreativitas mahasiswa dan masyarakat untuk menciptakan atau menambah nilai suatu produk atau cara baru dalam penyelesaian permasalahan isu-isu strategis serta ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga terwujud iklim inovasi dan penelitian di lingkungan masyarakat.