Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Pembangunan Kota Yogyakarta Tribulan IV Tahun 2022

Bappeda Kota Yogyakarta menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Pembangunan Kota Yogyakarta Tribulan IV Tahun 2022 pada Jumat (27/01/2023) bertempat di Ruang Bima Kompleks Balaikota Yogyakarta.

Rakordal ini dilaksanakan untuk mengevaluasi pencapaian kinerja pembangunan Kota Yogyakarta yang meliputi capaian Indikator Kinerja Utama, capaian sasaran dan program OPD, realisasi pelaksanaan APBD, serta realisasi kegiatan bersumber dari Dana Keistimewaan, Bantuan Keuangan Khusus Pemda DIY dan Dana Alokasi Khusus. Hasil evaluasi selanjutnya digunakan sebagai dasar perbaikan kinerja pada tahun berjalan serta penyusunan dokumen perencanaan tahun berikutnya.

Acara dibuka dengan penyampaian Laporan Capaian Kinerja Pemerintah Kota Yogyakarta TW IV Tahun 2022 oleh Kepala Bappeda. Tahun 2022 merupakan tahun terakhir pelaksanaan RPJMD 2017-2022, sehingga dapat kita lihat pelaksanaan seluruh siklus perencanaan mulai dari perencanaan - pelaksanaan - monitoring - evaluasi.

Berdasarkan data Tahun 2017 sampai dengan Tribulan IV Tahun 2022, Pemerintah Kota Yogyakarta memiliki track record kinerja baik. Hal ini ditunjukan dengan capaian kinerja fisik di angka 99,81% dan kinerja keuangan di angka 89,12%. Dari segi capaian indikator sasaran daerah, terdapat 16 (22%) indikator dari 74 indikator yang tidak tercapai.

 

Dari 13 sasaran daerah yang dijabarkan dalam 16 indikator kinerja utama Pemkot Yogyakarta, hanya 1 indikator sasaran yang tidak tercapai secara optimal yaitu Angka Kriminalitas. Walaupun belum tercapai secara optimal, presentase capaian Angka Kriminalitas telah mencapai 83,67%. Realisasi ini menjadi bahan evaluasi dalam perencanaan di tahun 2024, untuk menentukan strategi agar traget yang telah ditetapkan dapat tercapai secara optimal. Pada agenda Rakordal ini diserahkan Laporan Capaian Pembangunan Tahun 2022 dari Sekretaris Daerah kepada Pj. Walikota Yogyakarta sebagai bentuk pertanggung jawaban pelaksanaan program-kegiatan di tahun 2022.

 

Pada kesempatan ini diserahkan pula piagam penghargaan kepada perangkat daerah sebagai bentuk apresiasi dalam mengawal capaian kinerja perangkat daerah. Penghargaan ini terbagi menjadi 2 kategori yaitu Tingkat Eselon II dan Eselon III. Penghargaan Capaian Kinerja Perangkat Daerah Tingkat Eselon II diberikan kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Juara I), Dinas Pertanian dan Pangan (Juara II), serta Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Juara III). Penghargaan Capaian Kinerja Perangkat Daerah Tingkat Eselon III diberikan kepada Kemantren Umbulharjo (Juara I), Kemantren Pakualaman (Juara II), dan Kemantren Mantrijeron (Juara III)

Dalam sambutannya Pj. Walikota mengapresiasi kinerja Perangkat Daerah sampai dengan TW IV Tahun 2022, yang memiliki capaian tertinggi jika dibandingkan Kabupaten/Kota se-DIY. Beliau  menyampaikan Rakordal bukanlah ajang untuk mencari klemahan atau kesalahan pengguna anggaran dan pejabat pelaksana teknis kegiatan. Sebaliknya agenda ini merupakan upaya perbaikan implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah(SAKIP) di Kota Yogyakarta yang selanjutnya berujung pada good government reform menuju perbaikan pelayanan dan peningkatan kualitas layanan menuju masyarakat Yogyakarta yang sejahtera.

Pj. Walikota juga menekankan untuk menerapkan prinsip 5T (Tepat Waktu, Tepat Mutu, Tepat Volume, Tepat Sasaran, dan Tertib Administrasi) demi kelancaran pelaksanaan pembangunan.