Sosialisasi Proposal Penelitian Tematis dalam rangka Penumbuhan Inovasi untuk Tahun 2024

Bappeda Kota Yogyakarta menyelenggarakan Acara  Sosialisasi Proposal Penelitian Tematis untuk Penumbuhan Inovasi untuk Tahun 2024 pada Selasa (21/02/2023) bertempat di Ruang Bima Kompleks Balaikota Yogyakarta.

Acara Sosialisasi Proposal Penelitian Tematis untuk Penumbuhan Inovasi untuk Tahun 2024 dihadiri oleh Agus Tri Haryono, ST, MT (Ka. Bappeda Kota Yogyakarta), sekaligus membuka kegiatan secara resmi. Selain itu, hadir juga Sumadi, SH., MH  (PJ Walikota) dan Dr. -Ing. Ilya Fadjar Maharika, IAI (Dekan Arsitektur UII) yang ikut memberikan arahan dan motivasi kepada para peserta sosialisasi.

Tak hanya itu, acara sosialisasi ini juga dihadiri oleh para Kepala OPD Kota Yogyakarta, Tim Jaringan Penelitian Kota Yogyakarta, Dewan Penelitian dan Pengembangan Kota Yogyakarta, Forum Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat  Kota Yogyakarta Tahun 2023, serta Dosen peneliti se- DIY.

Sebagaimana disampaikan oleh Ka. Bappeda Kota Yogyakarta, Agus Tri Haryono, ST, MT dalam sambutannya bahwa Tema Penelitian 2024 mengacu pada Tema Pembangunan Kota Yogyakarta tahun 2024 yaitu Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia untuk Keberlanjutan Pembangunan Kota Yogyakarta yang mengadung arti sebagai berikut ;  

  • Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia, dimaknai sebagai upaya pengembangan kapasitas sumber daya manusia untuk mencapai tujuan pembangunan secara efektif. Pengembangan sumber daya manusia secara terarah dan terencana akan mendorong pengelolaan sumber daya dan potensi yang ada secara tepat guna.
  • Keberlanjutan Pembangunan, dimaknai bahwa Kota Yogyakarta di tahun 2024 akan menjalani proses transisi pemerintahan. Dalam proses tersebut, Kota Yogyakarta tetap melanjutkan pembangunan di segala bidang baik infrastruktur, ekonomi, maupun sosial untuk kesejahteraan seluruh masyarakat.

Selanjutnya, materi Arah Kebijakan Pembangunan Kota Yogyakarta yang disampaikan oleh Bapak PJ Walikota, Sumadi, SH., MH menyatakan bahwa pelaksanaan Penelitian Tematis melalui fasilitasi Dana Penelitian merupakan salah satu perwujudan dalam Program Gandeng Gendong, dimana Kampus melalui LPPM melaksanakan Penelitian dan pengabdian masyarakat dalam Tri Darma Perguruan Tinggi dapat terlibat secara langsung bersinergi dengan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam upaya pemecahan permasalahan masyarakat dalam pembangunan.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Arsitektur UII, Dr. -Ing. Ilya Fadjar Maharika, IAI dalam paparannya yang berjudul Materi Inovasi berbasis penelitian untuk pembangunan Kota Yogyakarta menyatakan bahwa tujuan kelitbangan adalah inovasi yang dapat diimplementasikan dalam pembangunan; termasuk inovasi yang berkembang di masyarakat. Terdapat dua pendekatan yang perlu di highlight pada kesempatan kali ini yaitu 1. Pengembangan budaya inovasi kebijakan berbasis bukti (evidence-based policy making) 2. Mengakomodasi inovasi sosial (social innovation) dan mengarahkannya menjadi bagian dari tata kelola penyusunan kebijakan yang Akuntabel.

Pengajuan proposal penelitian untuk tahun 2024 dikirim melalui Aplikasi website riset.jogjakota.go.id dimulai pada tanggal 21 Februari 2023 sampai dengan 16 Maret 2023, yang selanjutnya akan dipilih dan dilakukan evaluasi oleh Tim Jaringan Penelitian Kota Yogyakarta. Proposal penelitian yang diajukan hendaknya mampu memberikan solusi permasalahan aktual dan mampu memberikan kemanfaatan untuk masyarakat Kota Yogyakarta.