Koordinasi Kerja Praktik MBKM Universitas Pembangunan Nasional “Veteran“ Yogyakarta dalam rangka Pemetaan Pariwisata Kota Yogyakarta berbasis WebGIS

Kerja Praktik MBKM merupakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang sedang dilaksanakan oleh Bappeda Kota Yogyakarta dan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran“ Yogyakarta. Jumat (24/02/2023), Bappeda Kota Yogyakarta menyelenggarakan rapat koordinasi untuk proposal kegiatan Kerja Praktik melalui Program MBKM yang berjudul Pembuatan WebGIS Untuk Perkembangan Pariwisata Kota Yogyakarta.

Acara rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Sulistyo Handoko, S.E (Analis Kebijakan Muda) sekaligus memberikan arahan dan motivasi kepada lima mahasiswa dari Program Studi Teknik Geomatika, Jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral Universitas Pembangunan Nasional “Veteran“ Yogyakarta.

Analis Kebijakan Muda, Sulistyo Handoko, S.E mengungkapkan dengan adanya kerjasama melalui Kerja Praktik MBKM ini diharapkan dapat menambah pengalaman kerja, meningkatkan kompetensi diri, mengasah kemampuan hardskill dan softskill agar mahasiswa nantinya menjadi lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.

Dalam acara koordinasi tersebut disampaikan bahwa salah satu kebijakan terbaru pemerintah daerah Kota Yogyakarta ialah Smart City (Kota Cerdas) dimana informasi dan komunikasi dapat diakses dengan mudah dan cepat. Smart City merupakan konsep untuk meningkatkan kualitas hidup warganya. Adanya pendekatan integrasi kota cerdas akan membantu untuk lebih efisien dalam segala aspek seperti mengetahui tingkat kemacetan, daerah dengan wifi, pengelolaan sampah dan daerah wisata. Dengan berbagai aspek yang diberikan, maka bagian dari pariwisata menjadi hal yang menarik dan pastinya banyak digunakan karena akan membantu para wisatawan domestik dan/atau mancanegara untuk dapat dengan mudah mencapai tujuan ke tempat wisata. Sehingga para mahasiswa Teknik Geomatika UPN “Veteran” Yogyakarta mengajukan Kerja Praktik MBKM dengan tema Pemetaan Pariwisata Kotabaru dan Kotagede berbasis WebGIS.

Kegiatan magang akan dilaksanakan hingga Juli 2023 dan ditempatkan di Bappeda Kota Yogyakarta. Pemerintah Kota Yogyakarta berharap dengan adanya Kerja Praktik MBKM ini mampu memberikan kemanfaatan untuk masyarakat Kota Yogyakarta.