SOSIALISASI PENANGGULANGAN KEMISKINAN: ARAHAN KEBIJAKAN DAN MEKANISME PENANGGULANGAN KEMISKINAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2023

Bappeda Kota Yogyakarta selaku Sekretariat TKPK menyelenggarakan acara sosialisasi penanggulangan kemiskinan dalam rangka memberi arahan kebijakan dan mekanisme penanggulangan kemiskinan untuk kota Yogyakarta di tahun 2023 pada hari kamis,tanggal 6 maret 2023. Acara ini bertempat di ruang Yudhistira Komplek Balaikota Yogyakarta dengan menghadirkan bapak Ir. Aman Yuriadijaya, M.M selaku Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Bapak Agus Tri Haryono, ST, MT selaku Kepala Bappeda Kota Yogyakarta dan sekaligus menghadirkan hampir semua Kepala OPD Kota Yogyakarta.

Sebagaimana disampaikan oleh Bapak Sekda Kota Yogyakarta, berdasarkan data BPS, tingkat kemiskinan di Kota Yogyakarta Tahun 2022 tercatat sebesar 6,62%. atau setara dengan sejumlah 29.680 Jiwa penduduk miskin. Tingkat kemiskinan ini telah mengalami penurunan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan Tahun sebelumnya. yaitu 7,69%, atau turun sebesar 1,07%.

Hal ini tentu saja menjadi semangat baru bagi Kota Yogyakarta untuk benar-benar mengentaskan kemiskinan secara tuntas. Maka,untuk keperluan pengentasan kemiskinan secara tepat sasaran, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinsosnakertrans, telah melakukan verifikasi dan validasi Data. Data yang dimaksud adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, atau biasa disingkat dengan DTKS.

Data yang digunakan adalah data yang dirilis oleh Kemensos pada bulan Maret 2022. Proses Verval telah dilakukan Dinsosnakertrans pada tahun 2022, hasilnya ditetapkan dalam Keputusan Walikota Yogyakarta Nomor 479 Tahun 2022 tentang Data Penduduk dan Keluarga Sasaran Jaminan Perlindungan Sosial Kota Yogyakarta Tahun 2022. Diantara data DTKS yang di Verval tersebut, terdapat 49.121 Jiwa atau 17.451 KK yang memenuhi kriteria atau parameter miskin. Data inilah yang akan menjadi acuan kita bersama dalam pengentasan kemiskinan di Kota Yogyakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Bapak Ka.Bappeda Kota Yogyakarta menambahkan, langkah-langkah yang akan diambil oleh Pemerintah Kota Yogyakarta terkait pengentasan kemiskinan yang direncanakan di Tahun 2023 ini diantaranya; 1)Memperkuat Kelembagaan Tim, 2) Data Kemiskinan yang tepat sasaran, 3) Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan, 4) Pelaksanaan dan Evaluasi Penanggulangan Kemiskinan. 5) Laporan Pelaksanaan Penanggulangan Kemiskinan.

Dengan diselenggarakannya sosialisasi ini, upaya penanggulangan kemiskinan di kota Yogyakarta oleh berbagai stake holder bisa dilakukan secara tepat sasaran dengan data yang tersedia.