Kunjungan Kerja Bappeda Litbang Pemerintah Kota Balikpapan terkait Jaringan Penelitian Kota Yogyakarta

Pembentukan Tim Jaringan Penelitian (Jarlit) Kota Yogyakarta yaitu sejak tahun 2004 dan hingga saat ini masih berjalan secara optimal. Keberhasilan Litbang  Bappeda Kota Yogyakarta membuat daerah lain berkunjung Ke Bappeda untuk melaksanakan studi komparatif. Salah satu daerah yang berkunjung adalah Pemerintah Kota Balikpapan melalui Bappeda.

Pada Jumat, 05 Mei 2023, rombongan dari Bappeda Litbang Kota Balikpapan dipimpin oleh Achmad Safei selaku Sekretaris Badan bersama 4 orang rekannya melaksanakan kunjungan ke Bappeda Kota Yogyakarta. Rombongan diterima oleh Danang Yulisaksono, S.T., M.T selaku Kepala Bidang Penelitian Pengembangan Inovasi dan Pengendalian Bappeda, didampingi Sulistyo Handoko, S.E (Analis Kebijakan Ahli Muda), Yunita Firdha Kyswantoro, S.E.,M.E (Peneliti Ahli Pertama). Adapun maksud dan tujuan kunjungan kerja disampaikan oleh Sekretaris Bappeda Litbang Kota Balikpapan yakni ingin belajar terkait dengan Jaringan Penelitian (Jarlit) yang telah dibentuk oleh Bappeda Kota Yogyakarta.

Selanjutnya, Danang Yulisaksono, S.T., M.T menyampaikan secara makro terkait dengan tujuan dari terbentuknya Jarlit di Kota Yogyakarta adalah (1) Sebuah bentuk dari Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, (2) Pemanfaatan sumber daya Perguruan Tinggi yang ada di DIY, (3) Menciptakan networking serta kolaborasi dalam rangka mencapai tujuan pembangunan Kota Yogyakarta.

Pada sesi diskusi, Sulistyo Handoko, S.E menambahkan bahwa Jaringan Penelitian ini merupakan salah satu perwujudan dalam Program Gandeng Gendong, dimana Kampus melalui keterlibatan dosen dapat terlibat secara langsung bersinergi dengan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam upaya pemecahan permasalahan masyarakat dalam pembangunan. Anggota tim Jarlit terdiri dari dosen dan peneliti dari Perguruan Tinggi. Untuk memilih anggota tim Jarlit yang sesuai dengan kebutuhan Pemerintah Kota Yogyakarta yaitu melalui pemetaan isu sehingga kualifikasi dalam tim Jarlit dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari Kota Yogyakarta.

Adapun rincian tugas dari anggota Jaringan Penelitian (Jarlit) Kota Yogyakarta yaitu (1) menyusun rencana dan mengembangkan kegiatan kelompok kerja penelitian sesuai kebutuhan Pemerintah Kota Yogyakarta; (2) menyebarluaskan hasil kegiatan penelitian melalui kegiatan seminar, lokakarya/worshop serta kegiatan lainya yang sejenis; (3) melakukan sosialiasi tentang rencana dana penelitian Pemerintah Kota Yogyakarta kepada perguruan tinggi, lembaga/organisasi masyarakat, dan kalangan umum yang memenuhi syarat; (4) melakukan seleksi proposal penelitian yang masuk ke Pemerintah Kota Yogyakarta untuk dapat diusulkan mendapat dana penelitian; (5) melakukan review Jurnal Jaringan Kerja Sama Penelitian sesuai yang ditentukan oleh Tim Redaksi Jurnal Penelitian; (6) memberikan arahan dan masukan terhadap penelitian yang mendapat dana penelitian dari Pemerintah Kota Yogyakarta agar mendapatkan hasil yang optimal; dan (7) menyampaikan usulan/rekomendasi untuk membantu perumusan kebijakan dalam memecahkan permasalahan di Pemerintah Kota Yogyakarta dan menyusun agenda penelitian.

Mencermati apa yang disampaikan dari perwakilan Bappeda Kota Yogyakarta, pihak Bappeda Litbang Kota Balikpapan menyatakan terimakasih dan antusiasnya akan menerapkan kiat-kiat pembentukan serta pelaksanaan tim Jaringan Penelitian (Jarlit) yang telah didiskusikan pada agenda kunjungan tersebut di lingkup Kota Balikpapan.