Pendampingan Penyusunan Profil Inovasi Perangkat Daerah

Sebagai tindak lanjut Diklat Inisiasi Inovasi Daerah yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu di Hotel Royal Darmo selama 2 hari pada 18 – 19 Oktober 2023, para peserta diklat mendapatkan pendampingan dalam penyusunan profil inovasi. Pendampingan ini dilakukan selama 3 bulan. Setiap sekali dalam sebulan peserta diminta untuk mempresentasikan inovasinya dan akan mendapat tanggapan langsung oleh tim pendamping yang terdiri dari Pandita Pratyaksa (Bandiklat DIY), Primaswolo Sudjono (Kedaulatan Rakyat), dan Gonang Juliastono (KADIN DIY).

Pada kesempatan pertama (2/11/2023), sebanyak 16 peserta OPD telah melakukan presentasi inovasi dan mendapatkan tanggapan langsung dari tim pendamping sebagai masukan perbaikan profil inovasi. 16 peserta tersebut berasal dari Bappeda, Dinas Dikpora, RS Pratama, BPKAD, Dinas Kominfosan, Dinas Kebudayaan, Dinas Perhubungan, Bagian Umum dan Protokol, Dinas Sosnakertrans, Dinas Perdagangan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertaru, BPBD, BKPSDM, dan Badan Kesbangpol.

Dengan adanya pendampingan ini, diharapkan profil inovasi perangkat Daerah dapat disusun secara runtut, informatif, sistematis, dan mudah dipahami. OPD juga diharapkan mampu menentukan indikator dan kesesuaian permasalahan, solusi, rancang bangun, tujuan, manfaat, dan dampak.