Final Anugerah Inovasi dan Penelitian 2023

Pelaksanaan  Final Anugerah Inovasi dan Penelitian (AIP) 2023 pada Rabu – Kamis (22 – 23/11/2023) di Rooftop Pasar Prawirotaman berjalan dengan lancar. AIP 2023 dikuti oleh 19 tim dari 19 sekolah di Kota Yogyakarta, terdiri dari 10 finalis SMP/sederajat dan 9 finalis SMA/sederajat. Berikut adalah daftar finalis AIP 2023:

Kategori SMP/sederajat:

  1. SMP Pangudi Luhur Yogyakarta
  2. SMPN 3 Yogyakarta
  3. MTs. Nurul Ummah Yogyakarta
  4. SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta
  5. SMPN 6 Yogyakarta
  6. SMPN 1 Yogyakarta
  7. SMPN 12 Yogyakarta
  8. SMPN 5 Yogyakarta
  9. SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta
  10. SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta

 

Kategori SMA/sederajat:

  1. SMK SMTI Yogyakarta
  2. SMKS Indonesia Yogyakarta
  3. SMAN 1 Yogyakarta
  4. SMKS Muhammadiyah Yogyakarta
  5. SMAN 6 Yogyakarta
  6. SMKN 1 Yogyakarta
  7. SMAN 3 Yogyakarta
  8. SMAN 8 Yogyakarta
  9. SMAN 5 Yogyakarta

 

Seleksi pada AIP 2023, tidak lagi secara terbuka, tetapi diseleksi dari peserta Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Kota Yogyakarta Tahun 2023  dan Festival Inovasi Dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI)  Jenjang SMA/MA/SMK Tahun 2023, khusus peserta dari SMA/MA/SMK yang berlokasi di Kota Yogyakarta. Kegiatan Anugerah Inovasi dan Penelitian bersifat apresiatif, bukan kompetitif dan penilaiannya  murni menjadi kewenangan Tim Independen  atau Tim Juri  yang ditetapkan dengan Keputusan Kepala Bappeda. Tim Juri kategori SMP/sederajat terdiri dari Azfa Mutiara Pabulo, S.E., M.E.K. (Universitas Mercu Buana Yogyakarta), Catarina Wahyu Dyah Purbaningrum, S.E., M.Pd. (Universitas Gunung Kidul), Endang Rohjiani, S.H. (Forum Komunitas Winongo Asri), Maria Herdwi Widyaningsih, S.T. (Bappeda Kota Yogyakarta), dan Mareta Hexa Sevana, S.T., M.URP. (Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta). Sedangkan Tim Juri kategori SMA/sederajat terdiri dari Wiji Nurastuti, M.T., CRP. (Universitas Amikom Yogyakarta), Bimo Suryojati, S.Psi. (CV. Damaratika), Affi Aditya Khresna, S.T. (Creative Director Bromica Advertising), Prillia Astuti, S.E., M.P.M. (Bappeda Kota Yogyakarta), dan Heri Karuniawan, S.T. (Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Yogyakarta).

 

Pelaksanaan Anugerah Inovasi dan Penelitian dimaksudkan untuk mendorong budaya inovasi sejak usia sekolah. Tujuannya adalah untuk:

  1. Mendorong pelajar agar peka dan kritis terhadap permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Mengembangkan kemampuan dan keterampilan pelajar agar mampu menyampaikan aspirasi dan pendapat mereka dengan bahasa yang baik, terstruktur, dab berbasis data.
  3. Mengembangkan potensi khusus untuk berkreativitas melalui hasil penemuan/inovasi produk-produk yang bermanfaat di masyarakat.
  4. Meningkatkan rasa percaya diri  melalui penghargaan dimanfaatkannya hasil karya pelajar oleh Pemerintah Kota Yogyakarta.
  5. Mengapresiasi karya pelajar oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dengan memanfaatkannya sebagai inovasi Daerah.

 

Peserta akan memperebutkan 3 kejuaraan pada masing-masing kategori, juara 1 berupa uang senilai Rp. 5.000.000,00, juara 2 berupa uang senilai Rp. 4.500.000,00, dan juara 3 berupa uang senilai Rp. 4.000.000,00.