Kuliah Lapangan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMY di Bappeda kota Yogyakarta

Dalam rangka pengembangan mengenai teori dan praktik penyelenggara pemerintahan Prodi Ilmu Pemerintahan Fisipol UMY mengadakan Kuliah Lapangan bagi para mahasiswa di Bappeda Kota Yogyakarta. Sebanyak total 19 orang mahasiswa UMY  melakukan penelitian di bapeda kota yogykarta. Dalam kegiatan ini mahasiswa-mahasiswi ilmu politik fokus pada analisis kebijakan pembangunan yang melibatkan politik dalam pemerintahan kota Yogyakarta. Dalam penelitian ini setiap kebijakan yang diambil oleh aktor politik dan kepala daerah dapat mempengaruhi program pembangunan. Mereka terbagi menjadi 4 tim berbeda dalam melakukan penelitian kali ini. 4 tim ini juga memiliki fokus penelitian yang berbeda sesuai dengan tema atau judul yang mereka ambil. Tema-tema Kuliah Lapangan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Proses Perencanaan, Pengelolaan, dan Evaluasi RPJMD Kota Yogyakarta di Tahun 2022-2023.
  2. Evaluasi SIM Monitoring dan Evaluasi (SIMONEVA) pada Bappeda Kota Yogyakarta.
  3. Tata Kelola Pemerintahan Kota Yogyakarta
  4. Studi Pembangunan di Kota Yogyakarta

Bappeda menyambut positif kegiatan Kuliah Lapangan yang dilakukan oleh para mahasiswa UMY. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan pengumpulan data dari pihak Bappeda. Maka dari itu, pihak Bappeda melalui Bidang Riset Inovasi Daerah dan Pengendalian melakukan koordinasi dengan narasumber-narasumber yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan tersebut. Narasumber tersebut adalah Sdr. Adhitya Kusuma Zaenardi, S.E. selaku Analis Program Pembangunan dan Sdri. Galuh Sri Untari selaku Perencana Ahli Pertama dari Tim Kerja Pengendalian Pembangunan Daerah serta Sdr. Azki Syaifi Aji, S.Si. selaku Ahli Pertama – Perencana dari Tim Kerja Perencanaan Pendanaan APBD. Pihak Bappeda memberikan jawaban dan data yang dibutuhkan untuk membantu penelitian yang diadakan oleh para mahasiswa. Penelitian ini dilakukan beberapa tahapan untuk mengumpulkan semua yang dibutuhkan dalam penelitian.

Hasil penelitian ini kemudian akan dibuat laporan untuk tugas mereka. Yang kemudian hasilnya bisa dilaporkan atau dipublikasikan untuk dimanfaatkan sebagai evaluasi atas penemuan permasalahan yang terjadi di lapangan. Penelitian yang dilakukan para mahasiswa UMY ini menunjukkan pentingnya kolaborasi antara akademisi dan lembaga pemerintahan daerah dalam kebijakan pemerintahan daerah dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan berdampak positif.