MUSRENBANG FORUM TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (TSLP) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2024

Pemerintah Kota Yogyakarta berkomitmen untuk menciptakan integrasi, keselarasan, konsistensi dan sinergi dalam penyusunan Rencana Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Yogyakarta 2025-2045. Dalam rangka komitmen perwujudan Kota Yogyakarta Emas 2045 reformasi pembangunan saja tidak cukup dilakukan, Kota Yogyakarta berkomitmen untuk melakukan transformasi pembangunan berlandaskan kolaborasi seluruh elemen masyarakat dalam mendorong kemajuan.

Sinergi antar stakeholder diterjemahkan dalam penyelenggaraan  Musrenbang TSLP Pada Hari Selasa 07 Mei 2024 yang bertempat di KJ Hotel. Musrenbang dilaksanakan secara hybrid (luring-daring) dan mengundang 70 perusahaan yang wilayah operasional perusahannya berada di Kota Yogyakarta serta Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. Tujuan diadakannya Musrenbang Forum TSLP ini adalah untuk menguatkan sinergisitas dan harmonisasi antara korporasi dengan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam mendukung program pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Yogyakarta sebagai wujud komitmen perwujudan Kota Yogyakarta Emas 2045. Hal ini selaras dengan tema yang diangkat pada tahun ini yaitu Embracing Collaboration of Yogyakarta Emas 2045 dengan prioritas pembahasan terkait dengan pengelolaan sampah di Kota Yogyakarta serta pariwisata berkualitas.

 

Dokumentasi: Korporasi anggota Forum TSLP yang menerima penghargaan Anugerah TSLP 2024

 

Mendasarkan pada Peraturan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Nomor 6 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan TSLP, maka Perusahaan berkewajiban untuk berkomitmen dan berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi Perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya. Hal tersebut juga tertuang dalam Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 9 Pasal 1 Ayat 1 Tahun 2020 yang menyatakan bahwa setiap Badan Usaha (BUMN/BUMD) memiliki tanggung jawab untuk berkomitmen dan berperan aktif dalam pembangunan sosial berkelanjutan. Dengan adanya kewajiban komitmen Perusahaan atas tangung jawab lingkungan sosial tersebut, maka pembangunan berkelanjutan di Kota Yogyakarta menjadi kewajiban bersama antara Pemerintah Kota Yogyakarta dengan Korporat sebagai bagian dari stakeholder pembangunan.

Dalam acara Musrenbang Forum TSLP tersebut , Pemerintah Kota Yogyakarta mengapresiasi kegiatan CSR perusahaan dengan Penghargaan Anugerah TSLP 2024 untuk perusahaan yang telah berkontribusi di berbagai kategori, Hal ini untuk memotivasi perusahaan – perusahaan lain agar turut serta berkontribusi bagi masyarakat Kota Yogyakarta melalui program – program yang diberikan. Beberapa kategori tersebut di antaranya adalah kategori Peningkatan Ekonomi yang diberikan kepada PT. BPD DIY Cabang Senopati, kategori Penanggulangan Kemiskinan diberikan kepada Baznas Kota Yogyakarta, kategori Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup diberikan kepada Rumah Zakat Cabang Yogyakarta, kategori Peningkatan Pariwisata dan Budaya kepada PT. Bank Mandiri Kanwil Yogyakarta, kategori Peningkatan Kualitas Kesehatan kepada PT. Sarihusada Generasi Mahardika (SGM), kategori Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Olahraga yang diberikan kepada PT. Telkom Indonesia Cabang Yogyakarta, kategori Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia diberikan kepada PT. Sintesa Sinergi Nusantara (SSN) serta kategori Kenyamanan Hidup Beragama yang diberikan kepada Pamella Supermarket.   

Dokumentasi : Sekda Pemkot Yogyakarta, Aman Yuriadijaya saat memberikan arahan sekaligus membuka kegiatan Musrenbang Forum TSLP Kota Yogyakarta Tahun 2024

 

Sekretaris Daerah, Bapak Aman Yuriadijaya menyampaikan bahwa kolaborasi yang terbangun pada Forum TSLP dapat diuraikan dalam peta jalan dengan proporsional masing – masing peran yang saling berkolaborasi dengan niat baik dan semangat yang tidak hanya bersifat sporadis tetapi proses yang berkelanjutan dan sistematis untuk menghasilkan outcome yang jelas untuk keberhasilan Forum TSLP Kota Yogyakarta dalam mewujudkan harapan masyarakat dan juga Pemerintah Kota Yogyakarta.

 

Dokumentasi : Kepala Bappeda Kota Yogyakarta, Agus Tri Haryono pada saat menyampaikan Laporan terkait Penyelenggaraan Musrenbang Forum TSLP Kota Yogyakarta Tahun 2024

 

Kepala Bappeda Kota Yogyakarta, Bapak Agus Tri Haryono menambahkan bahwa, Kota Yogyakarta berkomitmen untuk melakukan transformasi pembangunan berlandaskan kolaborasi seluruh elemen masyarakat dalam mendorong kemajuan. Transformasi pembangunan dijabarkan dalam 4 misi pembangunan Kota Yogyakarta 2025-2045 yaitu:

  1. Mewujudkan Kota Yogyakarta Unggul melalui Transformasi Sosial yaitu transformasi pembangunan yang berfokus pada upaya membangun kualitas sumber daya manusia
  2. Mewujudkan Kota Yogyakarta Maju melalui Transformasi Ekonomi yang Merata dan Berkeadilan, yaitu transformasi pembangunan yang berfokus pada upaya peningkatan produktivitas masyarakat berbasis kekuatan ekonomi yang tidak hanya berorientasi pada pencapaian angka pertumbuhan namun juga pemerataan distribusi ekonomi di masyarakat.
  3. Mewujudkan Kota Yogyakarta Berkelanjutan dengan Penataan Ruang dan Dukungan Infrastruktur yang Berwawasan Lingkungan, yaitu penerapan prinsip pembangunan berkelanjutan untuk mewujudkan ruang wilayah yang aman, nyaman, dan produktif dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat, termasuk dalam hal penyediaan infrastruktur perkotaan yang handal dan berkualitas.
  4. Mewujudkan Percepatan, Stabilitas, dan Kesinambungan Pembangunan melalui Transformasi Tata Kelola, yaitu transformasi pembangunan yang fokus pada tata kelola pemerintahan yang baik, berorientasi pada pelayanan publik berintegritas, adaptif, dan inovatif dalam rangka melakukan akselerasi, mewujudkan stabilitas serta memastikan kesinambungan pembangunan di Kota Yogyakarta.

Acara Musrenbang Forum TSLP 2024 memberikan ruang diskusi terkait isu strategis Kota Yogyakarta yaitu Pengelolaan Sampah di Kota Yogyakarta dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta dan Pengembangan Quality Tourism di Kampung Wisata dari Akademisi Universitas Sanata Dharma. Peserta perusahaan dan perangkat daerah mengikuti acara Musrenbang TSLP dengan antusias sampai dengan selesai dan banyak memberikan timbal balik untuk materi yang disampaikan.

Editor: Yolanda Kurniasari, S.E