Kolaborasi Bappeda-UNY dalam Pemetaan Lansia di Kelurahan Baciro

       Berdasarkan Hasil Proyeksi Penduduk 2020-2045 yang dilakukan BPS Kota Yogyakarta, jumlah lansia (penduduk berusia 60 tahun ke atas) di Kota Yogyakarta pada tahun 2023 mencapai 60.750 jiwa (Kota Yogyakarta dalam Angka, 2024). Meningkatnya jumlah lansia merupakan tantangan yang perlu dihadapi bersama-sama. Dengan kolaborasi antar pihak, diharapkan dapat menjaga serta meningkatkan kualitas hidup lansia.

    Sebagai bentuk sinergi dalam merespons isu lansia, dilakukan kegiatan profiling lansia di wilayah Baciro yang melibatkan mahasiswa UNY dan Bappeda. Kelurahan Baciro merupakan salah satu kelurahan di Kota Yogyakarta yang sedang mengembangkan Layanan Lansia Terintegrasi (LLT). Tujuan profiling ini adalah mendapatkan data lansia, khususnya lansia yang perlu mendapatkan perhatian lebih, yang akan digunakan sebagai bahan perumusan kebijakan. Pendataan akan dilakukan selama bulan Mei 2024.

        Untuk meningkatkan koordinasi antara tim profiling UNY dengan stakeholder terkait, dilakukan pertemuan awal untuk mendiskusikan teknis pelaksanaan di lapangan. Bappeda Kota Yogyakarta turut hadir dalam kegiatan koordinasi yang dilakukan pada Selasa, 14 Mei 2024 di kantor Kelurahan Baciro. Selain Bappeda juga hadir dalam pertemuan yakni Sekretaris Kelurahan Baciro serta Bapak Samingan yang mewakili pihak kelurahan. Sementara dari pihak UNY dihadiri oleh dosen pengampu mata kuliah kebijakan sosial yaitu Ibu Maryam Fithriati. Kegiatan turut dihadiri oleh lebih dari 70 mahasiswa/i, unsur PSM (Pekerja Sosial Masyarakat), serta Komisi Lansia Baciro. Di akhir pertemuan, masing-masing tim dengan didampingi oleh PSM dan komisi lansia yang langsung turun ke lapangan untuk bertemu dengan ketua RW serta pengenalan medan pelaksanaan.