Kerjasama Universitas Janabadra dengan Bappeda Kota Yogyakarta terkait Pelaksanaan Pemberdayaan Berbasis Wilayah

Kamis, 06 Juni 2024 rombongan dari Universitas Janabadra dipimpin oleh Dr. Risdiyanto, S.T., M.T. selaku Rektor Universitas Janabadra bersama dengan Fatsyahrina Fitriastuti, S.Si., M.T. selaku Dekan Fakultas Teknik, Ir. B. Tresno Sumbodo, M.Si. selaku Ketua Tim Peneliti serta anggota peneliti lainnya melaksanakan kunjungan ke Bappeda Kota Yogyakarta. Rombongan diterima oleh Agus Tri Haryono, S.T., M.T. selaku Kepala Bappeda Kota Yogyakarta, Tri Retnani, S.Si., M.T. selaku sekretaris badan, Dr. Danang Yulisaksono, S.T.,M.T, Siti Nursanti Irriani, S.T., M.Eng, dan Sulistyo Handoko, S.E.,M.M. Saat ini, Universitas Janabadra dan Bappeda Kota Yogyakarta sedang melaksanakan kerjasama terkait dengan pelaksanaan kegiatan pengabdian dengan skema Pemberdayaan Berbasis Kewilayahan (PBW). Hal ini merupakan program Hibah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi.

Kegiatan Penelitian ini berjudul Penguatan Kampung Ramah Lingkungan : Menuju Terciptanya agroekowisata lestari melalui Integrasi Pengelolaan Lingkungan Mandiri dan Budidaya Agrokomplek di Kelurahan Giwangan Kota Yogyakarta. Posisi Giwangan sangat strategis, baik sebagai destinasi maupun penyangga wisata. Kondisi saat ini, terdapat tiga destinasi wisata alam yaitu “Kampung-Klengkeng, Dermaga-Cinta dan Bendung-Lepen” yang dirintis sejak 2018. Pengelolaan destinasi wisata tersebut dipercayakan kepada komunitas Kampung Wisata Kali Gajahwong.

Saat ini, kegiatan penelitian telah berjalan tahun ke II dari III. Tahun I fokus penelitian yaitu Pengelolaan lingkungan hidup meliputi: rancang bangun dan pemanfaatan IPAH, pengelolaan sampah ramah lingkungan secara mandiri; Tahun II fokus penelitian yaitu Budidaya Agrokompleks: budidaya tanaman hortikultura / buah-buahan (kelengkeng, anggur, advokat, durian dan pisang) terintegrasi dengan budidaya peternakan dan perikanan → konsep kemandirian pakan.

  • Budidaya lebah sebagai daya dukung penyerbukan tanaman buah,
  • Pembuatan pakan ternak dan kompos → memanfaatkan limbah organik,
  • Integrasi: budidaya ikan dengan pemeliharaan magot;

Tahun III fokus penelitian yaitu Optimalisasi peran UMKM & Lembaga ekonomi kreatif → pengembangan agroekowisata

  • aspek kelembagaan
  • aspek manajemen
  • aspek keuangan
  • rancang bangun website Giwangan Ecotourism

Mencermati apa yang disampaikan dari perwakilan tim Peneliti Universitas Janabadra, pihak Pemerintah Kota Yogyakarta sangat mendukung adanya penelitian dan pengabdian masyarakat terkait dengan penguatan kampung ramah dilingkungan khususnya di Kelurahan Giwangan. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk dari penerapan Gandeng Gendong. Bappeda Kota Yogyakarta berharap dengan adanya penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi Kota Yogyakarta dan dapat menumbuhkan inovasi inovasi bagi wilayah lain di Kota Yogyakarta.