Pembekalan KKN Tematik Layanan Lansia Terintegrasi oleh Bappeda

       Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar kegiatan pembekalan bagi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) untuk program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Layanan Lansia Terintegrasi. Acara dilaksanakan pada 18 Juli 2024 dan berlangsung di Ruang Auditorium Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) UII. Hadir dalam kegiatan ini perwakilan DPPM UII, Pusat KKN UII, Bappeda Kota Yogyakarta, dosen pembimbing lapangan, serta perwakilan mahasiswa yang akan diterjunkan. Pembekalan dilakukan untuk memperkenalkan Layanan Lansia Terintegrasi sehingga dosen pembimbing dapat mengarahkan mahasiswa untuk membuat program-program yang mendukung pengembangan layanan tersebut.

      Ir. Eko Siswoyo, S.T., M.Sc.Es., Ph.D. saat sambutannya mengucapkan terima kasih kepada mitra, dalam hal ini Bappeda, yang telah bersinergi untuk merealisasikan visi dan misi UII. Direktur DPPM UII ini juga menyampaikan agar kegiatan KKN dapat ditindaklanjut oleh kegiatan lainnya seperti pengabdian masyarakat hingga menghasilkan beragam output. Sementara itu, Kepala Pusat KKN UII, dr. R. Edi Fitriyanto, M.Gizi menyatakan KKN Tematik Lansia merupakan salah satu bentuk KKN yang dilakukan oleh UII. Dengan KKN ini akan banyak kontribusi keilmuan yang ada dapat dilakukan serta memberi pengalaman dalam pengelolaan masyarakat. Salah satu dosen pembimbing lapangan, dr. Riana Rahmawati, M.Kes., Ph.D menceritakan pengalaman sebelumnya saat mendampingi KKN di Purbayan. Diantara program yang dilaksanakan adalah melakukan survey lansia, mengembangkan sekolah lansia, serta membuat inovasi gelang emergency. Pada kesempatan yang sama, Kepada Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Agus Salim, M.A. memberikan gambaran program yang dapat dilaksanakan. Meskipun bentuk program beragam, namum diarahkan bagi lansia. Contoh program KKN tematik Lansia antara lain kampanye peduli lansia, inisiasi sekolah lansia, menyambangi lansia, dsb.

         Pada KKN Angkatan 69, total mahasiswa UII yang akan diterjunkan di berbagai wilayah berjumlah 3.348. Dari jumlah tersebut, sebanyak 251 mahasiswa mengikuti KKN Tematik LLT di 5 kelurahan yaitu Purbayan, Gedongkiwo, Baciro, Semaki, dan Kotabaru. Mahasiswa tersebut berasal dari berbagai jurusan antara lain psikologi, hukum, ekonomi, dsb. Mereka akan bersama-sama dengan masyarakat akan merencanakan serta melaksanakan program dalam kurun waktu satu bulan. Selama KKN, mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan yang telah dipelajari di kampus sehingga dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat.

        Universitas Islam Indonesia merupakan salah satu kampus yang aktif berkolaborasi dalam mendukung program-program pemerintah. KKN Tematik Lansia periode Agustus 2024 merupakan kelanjutan dari KKN sebelumnya yang pernah dilaksanakan pada periode Januari 2024. Semangat kolaborasi antara universitas, pemerintah, dan masyarakat menjadi kunci utama dalam menciptakan perubahan positif dan berkelanjutan di Kota Yogyakarta. Dengan kolaborasi yang berkesinambungan, diharapkan dapat berkontribusi dalam menghadapi tantangan demografi yang semakin kompleks.