Focuss Group Discussion (FGD) Penyusunan Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Yogyakarta Tahun 2025-2029

Focuss Group Discussion (FGD) merupakan salah satu metode pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan diskusi terstruktur dengan topik tertentu dan dipandu seorang moderator. Dalam kaitannya dengan penyusunan Rancangan Teknokratik (Rantek) RPJMD Kota Yogyakarta Tahun 2025-2029, FGD ini dilakukan sebagai tahapan penyempurnaan Rantek RPJMD yang telah dimulai sejak 20 Juni 2024. FGD ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dari narasumber pembahas serta perangkat daerah terkait solusi atas permasalahan pembangunan dan isu strategis Kota Yogyakarta. Hasil FGD akan dituangkan dalam Berita Acara guna menyempurnakan dokumen Rantek RPJMD Kota Yogyakarta Tahun 2025-2029.


FGD Penyusunan Rantek RPJMD Kota Yogyakarta Tahun 2025-2029 dilaksanakan pada hari Kamis, 25 Juli 2024 bertempat di Hotel H-Boutique Yogyakarta. Pelaksanaan FGD dimulai dengan pemaparan dari Kepala Bappeda Kota Yogyakarta, Agus Tri Haryono, S.T.,M.T. terkait update penyusunan Rantek RPJMD Kota Yogyakarta tahun 2025-2029. Pemaparan tersebut selanjutnya ditanggapi dan diberikan masukan oleh para narasumber. Narasumber pertama adalah Prof. Ir. Bambang Hari Wibisono, MUP, M.Sc., Ph.D., menyampaikan masukan terkait Kebijakan Penataan Ruang Kota Yogyakarta, dilanjutkan narasumber kedua, Dr.Mukhamad Ngainul Malawani, S.Si., M.Sc., menyampaikan masukan Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan Kota Yogyakarta dan narasumber terakhir, Amirullah Setya Hadi, S.E., Cand.Oecon., Ph.D. menyampaikan masukan Kebijakan Perekonomian Kota Yogyakarta. Acara dilanjutkan dengan diskusi interaktif yang dipandu oleh Agus Salim, S.E., M.A. Masukan dari para narasumber serta peserta FGD, diharapkan dapat menjadi input dalam penyempurnaan dokumen Rantek RPJMD Kota Yogyakarta Tahun 2025-2029 yang nantinya diharapkan dapat menjadi pedoman dalam arah pembangunan Kota Yogyakarta dalam kurun waktu 5 tahun mendatang.